GANGGUAN/KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH


GANGGUAN/KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH

A.      ORGAN JANTUNG
1.       Kebocoran Katup Jantung: disebabkan suatu infeksi sehingga katup jantung tidak dapat menutup dengan baik sehingga bocor.
2.       Miokarditis: radang yang terjadi pada otot jantung
3.       Lemah Jantung: Kemampuan kontraksi dan relaksasi jantung kurang
B.      PEMBULUH
1.       Sklerosis: penyempitan pembuluh nadi akibat endapan senyawa lemak (atheroskeloris) atau zat kapur (arteriosklerosis).
2.       Trombus: Pemyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh berkumpulnya trombosit yang tiba-tiba membeku sehingga terjadi koagulasi fibrin disebabkan oleh kelainan genetik trombosit
3.       Embolus: Trombus yang bergerak
4.       Varises: Pelebaran pembuluh vena yang disebabkan menurunnya fungsi katup pada pembuluh vena yang banyak dialami oleh wanita hamil dan orang yang banyak berdiri dan jongkok
5.       Wasir (humeroid): pelebaran pembuluh vena di dubur
6.       Koronariasis (Jantung  Koroner): penyempitan nadi tajuk (arteri koronaria) pada jaunting
7.       Hipertensi (tekanan darah tinggi): Jika nilai tekanan sistol sekitar 140-120mmHg atau lebih dan nilai tekanan distol sekitar 90-110mmHg atau lebih.
8.       Hipotensi (tekanan darah rendah): Jika tekanan sistol dibawah 100 mmHg.
9.       Stroke: Suplai darah ke otak terhenti disebabkan oleh beberapa factor.
C.      DARAH
1.       Hemofilia: Darah sukar membeku jika terjadi luka, disebabkan oleh factor keturunan.
2.       Anemia (penyakit kurang darah): Kurangnya kandungan Hb dalam darah, dapat disebabkan oleh berkurangnya sel darah merah, atau menurunnya volume darah dari ukuran normal, makanan yang kurang mengandung zat besi,dll.
3.       Anemia bulan sabit (sick cell anemia): Sel-selnya mengandung tipe hemoglobin abnormal yang disebut hemoglobin S sehingga kekurangan Oksigen.
4.       Eritroblastosis Fetalis: Penyakit kuning pada bayi yang baru dilahirkan disebabkan oleh rusaknya sel-sel darah oleh agglutinin yang berasal dari ibuny.
5.       Polisitemia: Sel darah merah terlalu banyak, sehingga meningkatkan viskositas (kekentalan) darah akibatnya aliran darah dalam system sirkulasi terganggu dan beban kerja jantung meningkat.
6.       Leukemia: Jumlah sel darah putih jauh diatas normal karena pembelahan yang tak terkendali
7.       Leukopenia: Menurunnya jumlah sel darah putih dari normal sehingga tubuh tidak terlindungi terhadap infeksi kuman penyakit
8.       Talasemia: Rendahnya daya ikat eritrosit terhadap oksigen karenan kegagalan pembentukan Hb. Penyakit ini bersifat menurun.
9.       Trombositpenia: trombositnya berkurang sehingga munculnya bercak-bercak merah akibat pecahnya pembuluh kapiler.
AIDS: Menurunnya system kekebalan tubuh disebabkan infeksi virus HIV sehingga penderita

0 komentar:



Posting Komentar